MANAJEMEN DAN LAYANAN SISTEM
INFORMASI
Nama : Nurjannah
Npm : 18114223
kelas : 2Ka28
Tugas : manajemen layanan sistem informasi (softskills)
Section 1
pengantar
1)
Bagaimana memahami manajemen layanan ?
cara memahaminya yaitu dengan metode pengelolaan
sistem teknologi informasi,yang secara filosofis terpusat pada perspektif
konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan.
2)
Kenapa sangat penting untuk perusahaan ?
karena, terkait dan memiliki minat yang
sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses (seperti TQM, Six Sigma,Business Process Management, dan CMMI).untuk itu Banyak pula
perusahaan non-teknologi, seperti pada industri keuangan, ritel, dan
pariwisata, yang memiliki sistem TI yang berperan penting, walaupun tidak
terpapar langsung kepada konsumennya.
3) Bagaimana manajemennya dapat
membantu penyediaan layanan untuk memberikan dan mengelola layanan ini?
dengan memberikan suatu proses yang dilakukan oleh satu atau lebih individu untuk
mengoordinasikan berbagai aktivitas lain untuk mencapai hasil-hasil yang tidak
bisa dicapai apabila satu individu bertindak sendiri
Kerangka ITIL
1) Standar untuk manajemen TI?
- bahwa dalam rangka pelaksanaan manajemen layanan TI dan
komunikasi secara efektif dan optimal,dapat diperlukan adanya
suatu pedoman layanan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungannya
2) Komponen-komponen operasional ITIL?
1) Service Support (yaitu
aktifitas yang dilaksanakan minimal setiap hari)
2) Service Delivery (yaitu aktivitas yang
dilaksanakan minimal setahun/kuartal/bulanan)
3) Tujuan ITIL?
3) Tujuan ITIL?
Tujuan Information Technology Infrastructure
Library (ITIL) adalah untuk menyediakan petunjuk untuk praktek terbaik
dalam manajemen layanan teknologi informasi. Ini mencakup pilihan yang dapat
diapdopsi dan diadaptasi oleh organisasi berdasarkan kebutuhan bisnisnya,
keadaan, dan kedewasaan dari penyedia layanan.
Model
manajemen pelayanan ITIL:Gambaran kegiatan utama dari tahap siklus hidup
layanan.
Section
2
Strategi
layanan
1.
Pengantar
strategi layanan?
Hal ini telah menjadi semakin diakui bahwa informasi merupakan
sumber daya strategis yang paling penting yang harus dikelola oleh setiap
organisasi. Kunci untuk mengumpulkan, analisis, produksi dan distribusi
informasi dalam suatu organisasi adalah kualitas layanan TI yang disediakan
untuk bisnis. Hal ini penting bahwa kita mengakui bahwa layanan TI sangat
penting, strategis, aset organisasi dan oleh karena itu organisasi harus
melakukan tingkat investasi yang tepat dari sumber daya ke dalam dukungan, pengiriman
dan manajemen dari Layanan TI kritis dan sistem TI yang mendukung.Isu‐isu kunci
yang banyak dihadapi saat ini oleh senior Manajer Bisnis dan Manajer TI adalah:
TI dan Perencanaan Bisnis Strategis Mengintegrasikan dan Menyelaraskan TI dan Tujuan Bisnis Mengimplementasikan Perbaikan Berkelanjutan Mengukur efektivitas dan efisiensi Organisasi TI Mengoptimalkan Biaya dan Biaya Total Kepemilikan (TCO) Mencapai dan Menunjukkan Return on Investment (ROI) Menunjukkan Nilai Bisnis TI
Mengembangkan Bisnis dan Hubungan dan Kemitraan TI
Meningkatkan Keberhasilan Proyek
Outsourcing, Insourcing dan Smart Sourcing 1
Menggunakan TI untuk mendapatkan keunggulan kompetitif
Menyampaikan bisnis, diperlukan layanan TI (yaitu apa yang dibutuhkan, kapan
diperlukan dan dengan biaya yang disepakati)
Mengelola bisnis konstan dan perubahan TI
Mendemonstrasikan Tata Kelola TI yang sesuai..
2. resiko strategi layanan ?
resikonya adalah terlepas dari konteks dimana penyedia layanan
beroperasi,strategi layanan juga harus di dasarkan pada pengakuan yang jelas
dari keberadaan kompetisi,kesadaran bahwa masing masing pihak memiliki
pilihan,dan pandangan tentang bagaimana penyedian layanan akan membedakan
dirinya dalam kompetisi.semua penyedia layanan membutuhkan strategi
layanan.Oleh karena itu,publikasi service strategy duduk di inti dari siklus
hidup ITIL.
Jenis
penyediaan layanan TI
3. 4 strategi P ?
•
Perspective: visi dan arah yang berbeda
• Position: dasar di mana penyedia layanan
akan bersaing
•
Plan: bagaimana penyedia akan mencapai visi mereka
•
Pattern: cara mendasar untuk melakukan hal ‐ pola khas dalam
keputusan dan tindakan dari waktu ke waktu.
Manajemen
Layanan sebagai Aset Strategis: Penggunaan ITIL untuk mengubah kemampuan
manajemen layanan menjadi aset strategis, dengan menggunakan Manajemen Layanan
untuk memberikan dasar bagi kompetensi inti, kinerja khusus dan keuntungan
tahan lama, serta meningkatkan potensi penyedia layanan dari: • kapabilitas:
kemampuan penyedia layanan (dalam hal manajemen, organisasi proses, pengetahuan
dan orang‐orang) untuk mengkoordinasikan, mengendalikan dan menyebarkan sumber
daya • sumber daya: masukan langsung untuk memproduksi layanan, misalnya keuangan,
modal, infrastruktur, aplikasi, informasi dan orang‐orang.
Section 3
1. Mengapa design layanan ?
Karena untuk
mempertemukan manfaat bisnis yang telah disetujui oleh karena itu untuk menunjang sikus hidup
layanan serta Mengidentifikasi dan
mengelola resiko.
2. 5 aspek utama dari design layanan?
·
solusi layanan baru atau
perubahan
·
Sistem manajemen layanan
dan perangkatnya, khususnya Portfolio Layanan
·
Arsitektur teknologi dan sistem manajemen
·
Proses, peran dan kemampuan
·
Metode pengukuran dan
satuan
3. Tujuan design
layanan ?
·
Desain layanan untuk
mempertemukan manfaat bisnis yang telah disetujui
·
Desain proses untuk menunjang
sikus hidup layanan
·
Mengidentifikasi dan
mengelola resiko
·
Desain keamanan dan
kerentanan infrastuktur TI, lingkungan layanan, arsitektur, kerangka kerja, dan
dokumen untuk menunjang desain dari kuaitas solusi TI
·
Membangun keahlian dan kemampuan dalam TI
·
Berkontribusi terhadap
keseluruhan peningkatan kualitas layanan TI
4. paKet design layanan :
4. paKet design layanan :
mendefinisikan seluruh aspek dalam layanan TI dan
keseluruhan persyaratan dari setiap tingkatan dalam siklus hidup layanan. SDP
dihasilkan untuk setiap layanan TI baru, perubahan mayor, atau layanan TI yang
dikeluarkan.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar